Sejarah Motor Honda

SEJARAH MOTOR HONDA

                    Honda didirikan oleh Soichiro Honda yang berasal dari jepang, beliau merupakan seorang pembalap, pebisnis dan juga manufacture sejati. Perusahaan kecil di Hamamatsu (sebelum lahir Honda Motor Company), telah berhasil membuat motor bikez di bulan Oktober 1946. Motor ini menggunakan rangka sepeda Karena gasoline sangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakan turpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress). Namun karena mutunya nggak begitu bagus, motor tersebut harus dipedal terlebih dahulu untuk bisa berjalan. Pada bulan November 1947, Seichiro Honda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih menggunakan turpentine dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”. 

                   


                Dan akhirnya padatahun 1958 Seichiro mendirikan pabrik Honda bersama Takeo Fujikawa yang memiliki banyak keuntungan di sisi bisnis otomotif, dan mereka bersama sama mendirikan emperium Honda.
                
                Motor A-Type telah di modifikasi menjadi B-Type dan akhirnya honda mengeluarkan dengan engine 90 cc yang bernama motobikez, tepatnya pada tahun1948.
Dan pada tahun 1949 Honda mengeluarkan motor D-Type, karena Mr. Honda selalu mengingat proses pembuatan motornya maka dari itu di namai dengan D-Type .

                
               Setelah mengeluarkan D-Type, selanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai E-Type. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat dipacu sampai dengan kecepatan 80 km/h. Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisa mencapai 130 unit sehari. 

            Honda mengeluarkan motor “Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke  pada tahun 1952 dan produksinya mencapai 6500 unit sebulan atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang. 



             Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly” atau yang berarti nyaman. Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motor ini bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.

0 Comments

Entri yang Diunggulkan

Yamaha NMAX 155 2019

Spesifikasi Yamaha NMAX 155 2019   https://www.otosia.com               Motor matic dengan bodi bongsor dan mesin bertenaga merupakan gambaran singkat Yamaha NMAX. Motor ini langsung menjadi idola masyarakat Indonesia, karena menawarkan bodi lebih bongsor dibandingkan motor matic sekelasnya. Selain itu, Yamaha menawarkan mesin 155cc yang dilengkapi teknologi Blue Core dan VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat performa mesin Yamaha NMAX semakin bertenaga dan lebih efisien bahan bakar.                        Desain Yamaha NMAX terlihat sangat besar. Pasalnya motor ini memiliki ukuran dimensi panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, dan ketinggian 1.115 mm. Jarak antara roda depan dan belakang juga lebar, karena mencapai 1.350 mm. Sedangkan untuk tinggi tempat duduknya mencapai 765 mm dan memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 135 mm. Menurut kami, Yamaha NMAX lebih nyaman dikendarai dibandingkan Honda PCX 150. Hal ini tak lepas dari bobotnya yang lebih ringan, yaitu se