SEJARAH MOTOR HONDA
Honda didirikan oleh Soichiro Honda yang berasal dari jepang, beliau merupakan seorang pembalap, pebisnis dan juga manufacture sejati. Perusahaan kecil di Hamamatsu (sebelum lahir Honda Motor
Company), telah berhasil membuat motor bikez di bulan Oktober 1946. Motor ini menggunakan
rangka sepeda Karena gasoline sangat langka waktu itu, makanya Honda
mengembangkan motornya ini menggunakan turpentine (semacam minyak yang disuling
dari pine tress). Namun karena mutunya nggak begitu bagus, motor tersebut harus
dipedal terlebih dahulu untuk bisa berjalan. Pada bulan November 1947, Seichiro
Honda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih
menggunakan turpentine dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”.
Dan akhirnya padatahun 1958 Seichiro mendirikan pabrik Honda bersama Takeo Fujikawa yang memiliki banyak keuntungan di sisi bisnis otomotif, dan mereka bersama sama mendirikan emperium Honda.
Motor A-Type telah di modifikasi menjadi B-Type dan akhirnya honda mengeluarkan dengan engine 90 cc yang bernama motobikez, tepatnya pada tahun1948.
Dan pada tahun 1949 Honda mengeluarkan motor D-Type, karena Mr. Honda selalu mengingat proses pembuatan motornya maka dari itu di namai dengan D-Type .
Setelah mengeluarkan D-Type, selanjutnya Honda mengeluarkan
engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai E-Type. Engine ini dapat
mengeluarkan power 5.5HP dan dapat dipacu sampai dengan kecepatan 80 km/h.
Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisa mencapai 130 unit
sehari.
Honda mengeluarkan motor “Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke pada tahun 1952 dan produksinya mencapai 6500 unit sebulan atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.
Tahun
1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly” atau
yang berarti nyaman. Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motor ini bisa
laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.
0 Comments