RUMOR YAMAHA AKAN MELUNCURKAN MOTOR YAMAHA XSR 155 2019
https://www.otomotifo.com/wp-content/uploads/2019/08/Spesifikasi-dan-Harga-Yamaha-XSR-155.jpg
Yamaha resmi merilis motor sport bergaya retro untuk menantang Honda CB150R ExMotion. Motor ini telah resmi diperkenalkan pada tanggal 16 Agustus 2019 dengan nama Yamaha XSR155. Spesifikasinya yang dibawanya tidak berbeda jauh dengan Yamaha R15 ataupun Yamaha MT-15, karena sama-sama mengusung mesin 155cc berteknologi VVA.
Yamaha memang perlu meluncurkan motor bergaya retro untuk menyaingi Honda ataupun Kawasaki. Walaupun terginggal satu langkah dari rival-rivalnya, namun Yamaha siap menjadikan XSR155 sebagai yang terdepan. Terlebih motor ini akan mengusung gaya tracker yang pastinya jauh lebih gagah dan sporty.
Spesifikasimotor yamaha XSR 155 memang menggunakan basis Yamaha R15, maka jangan heran apabila tenaga dan torsi yang mampu dikeluarkan sama. Lebih hebatnya lagi, tenaga dan torsinya jauh lebih besar dibandingkan mesin 150cc yang digunakan Honda CB150R Exmotion.
Tak hanya itu, motor ini juga akan dibekali teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat keluaran tenaga dan torsi lebih merata pada setiap putaran mesin.
Spesifikasi dan Harga Yamaha XSR 155
https://www.otomotifo.com/wp-content/uploads/2019/08/Spesifikasi-dan-Harga-Yamaha-XSR-155.jpg
PERFORMA MESIN
Mesin yang digunakan Yamaha R15 dan Yamaha MT-15 memang terbukti menjadi yang terbaik dikelas 150cc. Yamaha sudah melengkapinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang didukung teknologi Asssit & Slipper Clutch. Teknologi tersebut membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi semakin halus, sehingga mampu meningkatkan kemampuan akselerasi.
Adapun tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesin Yamaha XSR155 mencapai 19 Horsepower pada putaran mesin 10.000 rpm dan mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, tentu Yamaha XSR 155 mampu melesat cepat meninggalkan lawan-lawannya.
Keganasan mesin Yamaha XSR 155 tak lepas dari teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat tenaga dan torsi merata disetiap putaran mesin. Teknologi VVA juga digunakan ole beberapa tipe motor Yamaha lainnya, seperti Aerox, NMAX, Vixion R, R15, dan MT-15.
Untuk menstabilkan suhu mesin telah tersedia sistem pendingin Liquid Cooled. Lalu ada pula sistem pembakaran Fuel Injection yang akan mengoptimalkan sistem pembakaran mesin 1 Silinder, 4 Tak, SOHC 4 katup dengan rasio kompresi 11.6:1 dan diameter bore 58 mm serta stroke 58.7 mm.
DIMENSI
Selanjutnya mari kita mengulas lebih jauh desain Yamaha XSR 155. Dimulai dari segi dimensi, motor ini memiliki bobot lebih berat dibandingkan Yamaha MT-15. Dimana bobotnya seberat 133 kg dengan dimensi keseluruhan berukuran panjang 2.000 mm, lebar 805 mm, dan tinggi 1.080 mm.
Jarak sumbu roda rodanya mencapai 1.330 mm dan memiliki ground clerance 170 mm. Kemudian tinggi joknya berjarak 810 mm sehingga tergolong cukup tinggi dibandingkan Yamaha Vixion yang berjarak 795 mm. Lalu untuk tangki bahan bakarnya mampu menampung BBM hinga 10 Liter.
LAMPU DEPAN DAN BELAKANG
Mengingat Yamaha XSR 155 mengusung desain retro modern, maka motor ini wajib menggunakan headlamp berbentuk bundar. Desain lampunya terlihat klasik, namun sudah mendapatkan sentuhan modern dengan menggunakan lampu berteknologi LED.
Desain lampunya dibagi menjadi dua bagian. Dibagian tengah terpasang logo bertuliskan XSR dan di atasnya terpasang DRL (Daytime Running Light). Perpaduan tersebut membuat desain Yamaha XSR 155 terlihat lebih keren dan berkesan lebih premium.
Setiap detail dibuat serapi mungkin agar tampilan Yamaha XSR 155 tak kalah dari Honda CB150R Exmotion yang sama-sama mengadopsi desain retro modern. Sebagai buktinya adalah lampu belakang LED berbentuk bundar yang memiliki desain mirip motor jaman dulu.
Kesan klasik dan modern berpadu sempurna dengan desain Yamaha XSR 155 yang timeless. Motor ini bisa diibaratkan sebagai motor custom, jadi kita tak perlu lagi memodifikasinya. Terlebih desain joknya sangat keren dan akan menambah kesan klasik pada tampilan luar XSR 155.
SPEEDOMETER
Tempat duduk yang nyaman dan tinggi dan memiliki tinggi yang ideal akan membuat semua orang betah berlama-lama mengendarai motor ini. Bagi yang suka touring, pasti akan langsung jatuh cinta. Terlebih posisi stangnya dibuat tinggi dan lebar, sehingga tak akan melelahkan saat dipakai berkendara jarak jauh.
Tak berhenti sampai disitu saja daya tarik motor ini, karena masih ada Speedometer Full Digital yang akan fungsional dan memiliki tampilan modern. Desain speedometer Yamaha XSR 155 juga berkesan sangat klasik, karena memiliki desain bundar dengan ukuran yang tak bisa dikatakan besar.
Informasi yang ditampilkan spedometer Yamaha XSR155 tergolong sangat lengkap. Kita bisa melihat posisi gigi, sisa bahan bakar, dan kecepatan. Lalu dibawahnya tersedia berbagai indikator seperti lampu sein, posisi gear netral, lampu, dll.
PENGEREMAN
https://www.otomotifo.com/wp-content/uploads/2019/08/Ban-Motor-Yamaha-XSR-155.jpg
Yang kurang dari Yamaha XSR 155 adalah tidak memiliki sistem pengereman Anti Lock Breaking System (ABS). Sebagai gantinya, Yamaha memberikan dua rem cakram yang terpasang pada roda depan dan roda belakang. Sayangnya kedua rodanya belum menggunakan velg jari-jari.
Andai saja memakai velg jari-jari layaknya Kawasaki W175, tentu tampilan motor ini semakin berkesan retro. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah berarti, karena apabila memakai velg jari-jari maka tidak bisa menggunakan ban tubeless.
Desain velg motor ini juga terlihat mirip dengan Yamaha MT-15. Keduanya menggunakan ban ukuran sama, yakni 110/70-R17 di bagian depan dan 140/70-R17 di belakang. Meski ukurannya sama, namun Yamaha XSR155 memiliki desain ban berbeda. Motor ini sudah menggunakan ban dual purpose yang bisa diandalkan di segala medan.
Yah, Yamaha XSR155 bukanlan motor sport retro sembarangan. Motor ini mengadopsi desain retro yang kental dengan nuansa tracker, jadi jangan heran apabila memakai ban dual purpose. Selain itu, tersedia pula rangka Deltabox yang kuat dan kokoh sehingga membuat XSR155 lebih stabil.
SUSPENSI
https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20190813/xsr150-greatbikercom-66b6b21f42a08025ddc8b879234e5390_600x400.jpg
Kestabilan Yamaha XSR155 semakin optimal dengan hadirnya suspensi depan Upside Down. Suspensi tersebut membuat handling lebih sempurna dan kestabilan semakin meningkat. Secara desain juga semakin keren, karena membuat Yamaha XSR155 terlihat lebih kekar.
Untuk mengimbangi suspensi depan, Yamaha XSR155 memakai suspensi belakang Monoshock dengan Swing Arm alumunium yang kokoh dan ringan. Semua kelebihan tersebut menjadikan motor ini semakin sempurna.
HARGA
Motor ini wajib diproduksi di dalam negeri agar harga Yamaha XSR 155 di Indonesia lebih murah dibandingkan harga Yamaha XSR 155 di Thailand. Di Negeri Gajah Putih tersebut, motor ini dijual dengan harga mencapai 91.500 Baht atau setara Rp. 42 Jutaan. Mungkin harga yang Yamaha bandrol untuk pasar Indonesia kisaran 35 jutaan.
suber dari : https://www.otomotifo.com/harga-yamaha-xsr-155/
0 Comments